Rabu, 16 April 2014

Penerapan Teknologi Big Data Masih Sangat Minim Di Indonesia

 Big data ya kalangan IT pastinya sudah kenal dengan permasalahan ini ya big data adalah lonjakan data - data bisa berupa file,video,sound atau apapun yang skalanya cukup besar dan pengolahannya harus ekstra cepat dan hati - hati dan ya sayangnya di indonesia pun masih minim yang menerapkan teknologi big data untuk mengolah data data yang jumlahnya sangat banyak dan bisa terhitung hingga ratusan terabyte atau lebih dan ya contoh teknologi big data adalah hadoop.

 Hadoop adalah sebuah program di atas java yang berguna untuk mengatur data data dikerjakan di mesin mana dan data bisa di replikasi sehngga jika terjadi kerusakan pada mesin 1 bisa di back up dikerjakan pada mesin 2 dan ya selain itu juga karena adanya pembagian kerja memang hadoop cukup cepat dan handal untuk menyelesaikan pengolahan data dan ya hadoop memamng cukup populer sudah di luar negeri seperti amerika ,eropa dan lain lain namun di indonesia sayangnya masih kurang diminati dan mungkin masih awam karena kesiapan indonesia terhadap adanya big data atau lonjakan data data yang tidak dapat diprediksi pun masih sangat minim dan ya untuk mencari programmer yang mengerti dan mengimpelemntasikan hadoop juga sangat minim.

Ya beruntungnya saya bekerja diperusahaan yang mengimplementasikan big data kedalam sebuah aplikasi monitorng media digital dan ya walau awalnya saya menjadi programmer front end dan dokumentasi akhirnya saya mendapat training untuk hadoop dan ya saya dan perusahaan saya berencana untuk membuat sebuah training / academy untuk hadoop indonesia ya tepatnya tempat berletak di kemanggisan dan sekarang sedang dalam tahap proses pembangunan network dan instalasi mesin untuk experiment anak anak yang akan belajar hadoop dan ya karena saya anak binus saya akan mengajarkannya ke teman teman saya dan karena ini teknologi baru dan memang ya menurut saya berguna bagi mereka kedepannya yang meminati jenjang karir di bidang IT.

 Ya karena saya bayangkan jika sudah terbentuk tim - tim hadoop maka sebenarnya sangat menguntungkan dan pastinya akan banyak dicari karena kesadaran akan big data masih minin namun perusahaan besar banyak sekali yang membutuhkan solusi pemecahan data yang melonjak dengan teknologi big data dan ya jika saya punya tm maka banyak sekali ladang job baru didunia it di indonesia yang sangat luas ini dan ya tak hanya itu saya juga pastinya ingin membuat minimal lingkungan sekitar saya yang satu bidang tidak kalah majunya dengan para pakar it di luar sana dan sudah bisa menerapkan teknologi big data lewat hadoop di indonesia.

  Semoga saja rencana ini terwujud dan ya rencananya akan diadakan awal juli nanti dan semoga saja berjalan dengan mulus karena saya dan perusahaan saya ingin sekali membawa kekuatan baru di dunia IT indonesia dengan pemahaman big data yang baik dan programmer di indonesia sudah tidak awam dengan hadoop dan siap menggunakan hadoop dan menjadi andalan bagi perusahaan di dalam negeri dan luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar