Sabtu, 05 April 2014

Animation(Pertemuan 5)

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Macam Macam Animasi :

-     -  Animasi Cel

       Animasi cel merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling popular. Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate). Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation). Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil bersamaan(seperti pada metode layer).

-      -  Animasi Path

Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek

-       - Animasi 2D

Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.

-      -  Animasi 3D

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

Tipe Tipe File Untuk Membuat Animasi :
-       
 => DIR/DCR yang dihasilkan oleh software pembuat animasi yakni Director
-   => FLI/FLC yang dihasilkan oleh software pembuat animasi Animator pro
-   => MAX dihasilkan oleh 3D Studio Max
-   => GIF
-   => FLA/SWF dari flash atau seperti macromedia flash ataupun adobe flash


Apa Saja Yang Dihasilkan Oleh Animasi :
-              
         -  Mendemonstarikan produk – produk
-       - Film kartun animasi 3D maupun 2D
-       - Prosedur Training
-       - Efek transisi dari program program
-       - Text dan Chart Animasi
-       - Seluruh Game Di Console
-       - Dan masih banyak lagi.

Kelebihan Animasi :

-       - Menarik dan akan membuat perhatian lebih
-       - Bisa menunjukan tindakan yang tidak dapat dilihat / susah dilihat secara langsung atau proses fisiknya contohnya seperti animasi untuk bagaiman darah dapat mengalir ke otak ataupun animasi bagaimana kuman dapat hidup.
-       - Akan meningkatkan daya ingatan
-       - Mengizinkan visualisai untuk konsep imajinasi,objek imajinasi seperti superhero,dan relationship imajinasi dan berbagai -imajinasi lainnya.

Kekurangan Animasi :

-       - Membutuhkan memory dan media penyimpanan yang besar
-     - Membutuhkan peralatan yang special untuk mendapatkan animasi yang bagus

-     - Animasi 2D tidak dapat menggambarkan suatu hal aktualitas suatu hal seperti video atau fotografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar