Senin, 19 Mei 2014

Pertemuan 8 : Multimedia Authoring Tools

Authoring Tools

Authoring tools menyediakan lingkungan terintegrasi untuk mengikat semua elemen secara
bersama-sama dalam sebuah proyek Multimedia 

Komponen Komponen Authoring Tools Antara Lain :

- Loading dan saving aset media (graphics, sounds, videos, text, dll)
- Creating atau editing audio dan graphic images
- Pembuatan page atau slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page)
- Efek animasi / transisi
- Menspesifikasikan urutan aplikasi
- Menambah kontrol interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run-time
- Pembuatan CD-ROM atau distribusi berbasis web

Kategori Authoring Tools

Sistem Authoring Tools biasanya terdiri dari beberapa kategori dan kategorinya adalah
sebagai berikut :

- Card And Page Based

                 Sumber Gambar : sharewarebay.com

   - Pada kategori ini, elemen sistem authoring diorganisasikan menyerupai halaman buku atau      tumpukan kartu

   - Dalam sistem authoring ini dibolehkan untuk menghubungkan antar halaman atau kartu ke        suatu urutan yang terorganisasi

   - Dapat melompat dari satu halaman ke halaman lain yang diinginkan dalam suatu pola                navigasi yang terstruktur

   - Sebuah halaman dapat berisi hyperlinks ke halaman lain untuk  menyediakan navigasi atau     halaman dapat dilihat secara sequential

Memungkinkan adanya parameter global yang dapat di set untuk keseluruhan aplikasi
Contoh : background colour, default font, dll.

- Icon And Object Based


                       Sumber Gambar : learningsolutionsmag.com

  - Setiap bagian direpresentasikan dengan sebuah icon (symbolic picture)

  - Setiap icon memiliki tugas yang specifik, contoh : plays a sound

  - Semua icon-icon dihubungkan untuk membentuk suatu aplikasi lengkap


  - Dapat memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi final secara mudah

- Time Based

  - Model ini mengambil analogi musical score

 - Namun dalam hal ini bukan nada-nada yang dimainkan oleh alat musik, melainkan obyek-          obyek multimedia (sounds, images, video, text, dll) yang dimainkan pada titik (waktu) tertentu    pada score tersebut

 - Biasanya ada beberapa cara untuk menganimasikan suatu obyek (contoh : rotasi, scaling,        perubahan warna, dll) antara tiap transisi (yaitu saat satu obyek mulai dan selesai dimainkan)

 - Setiap obyek multimedia hidup dalam suatu track


  - Suatu score memiliki lebih dari satu track


dan perlu diketahui beberapa sistem mengkombinasikan satu atau lebih kategori tersebut untuk membuat tools yang lebih baik.


Multimedia Programming Tools

=> Programming tools berbeda dengan authoring tools, dimana programming tools lebih low level dan   pengembang yang menggunakannya harus memiliki pengetahuan tentang hardware dan bahasa pemrograman


=> Programming tools memungkinkan pengembang untuk mengakses banyak funsionalitas daripada authoring tools tetapi membutuhkan lebih banyak usaha


       Sumber : binusmaya.binus.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar