Authoring Tools
Authoring tools menyediakan lingkungan terintegrasi untuk mengikat semua elemen secara
bersama-sama dalam sebuah proyek Multimedia
Komponen Komponen Authoring Tools Antara Lain :
- Loading dan saving aset media (graphics, sounds, videos, text, dll)
- Creating atau editing audio dan graphic images
- Pembuatan page atau slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page)
- Efek animasi / transisi
- Menspesifikasikan urutan aplikasi
- Menambah kontrol interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run-time
- Pembuatan CD-ROM atau distribusi berbasis web
bersama-sama dalam sebuah proyek Multimedia
Komponen Komponen Authoring Tools Antara Lain :
- Loading dan saving aset media (graphics, sounds, videos, text, dll)
- Creating atau editing audio dan graphic images
- Pembuatan page atau slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page)
- Efek animasi / transisi
- Menspesifikasikan urutan aplikasi
- Menambah kontrol interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run-time
- Pembuatan CD-ROM atau distribusi berbasis web
Kategori Authoring Tools
Sistem Authoring Tools biasanya terdiri dari beberapa kategori dan kategorinya adalah
sebagai berikut :
- Card And Page Based
Sumber Gambar : sharewarebay.com
- Pada kategori ini, elemen sistem authoring diorganisasikan menyerupai halaman buku atau tumpukan kartu
- Dalam sistem authoring ini dibolehkan untuk menghubungkan antar halaman atau kartu ke suatu urutan yang terorganisasi
- Dapat melompat dari satu halaman ke halaman lain yang diinginkan dalam suatu pola navigasi yang terstruktur
- Sebuah halaman dapat berisi hyperlinks ke halaman lain untuk menyediakan navigasi atau halaman dapat dilihat secara sequential
Memungkinkan adanya parameter global yang dapat di set untuk keseluruhan aplikasi
Contoh : background colour, default font, dll.
Sumber Gambar : learningsolutionsmag.com
- Setiap bagian direpresentasikan dengan sebuah icon (symbolic picture)
- Setiap icon memiliki tugas yang specifik, contoh : plays a sound
- Semua icon-icon dihubungkan untuk membentuk suatu aplikasi lengkap
- Dapat memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi final secara mudah
- Model ini mengambil analogi musical score
- Namun dalam hal ini bukan nada-nada yang dimainkan oleh alat musik, melainkan obyek- obyek multimedia (sounds, images, video, text, dll) yang dimainkan pada titik (waktu) tertentu pada score tersebut
- Biasanya ada beberapa cara untuk menganimasikan suatu obyek (contoh : rotasi, scaling, perubahan warna, dll) antara tiap transisi (yaitu saat satu obyek mulai dan selesai dimainkan)
- Setiap obyek multimedia hidup dalam suatu track
- Suatu score memiliki lebih dari satu track
dan perlu diketahui beberapa sistem mengkombinasikan satu atau lebih kategori tersebut untuk membuat tools yang lebih baik.
Multimedia Programming Tools
=> Programming tools berbeda dengan authoring tools, dimana programming tools lebih low level dan pengembang yang menggunakannya harus memiliki pengetahuan tentang hardware dan bahasa pemrograman
=> Programming tools memungkinkan pengembang untuk mengakses banyak funsionalitas daripada authoring tools tetapi membutuhkan lebih banyak usaha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar